Sejarah Merpati Putih

     SEJARAH MERPATI PUTIH

Merpati Putih (MP) merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang indonesia yang pada awalnya merupakan ilmu keluarga keraton yang diwariskan secara turun temurun, yang pada akhirnya atas wasiat Sang Guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud untuk ditumbuh kembangkan agar berguna bagi negara.
Awalnya aliran ini dimiliki oleh Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat Ingkang Jumeneng ing Kartosuro kemudian ke BPH Adjiwidjojo (Grat I). Lalu setelah grat ketiga, R. Ay. Djojoredjoso ilmu yang diturunkan dipecah menurut spesialisasinya sendiri-sendiri, seni beladiri ini mempunyai dua saudara lainnya yaitu bergelar Gagak Samudro dan Gagak Seto. Gagak samudro diwariskan ilmu pengobatan dan Gagak seto diwariskan ilmu sastra dan untuk ilmu seni bela diri diturunkan kepada Gagak Handoko (Grat IV). Dari Gagak Handoko inilah akhirnya turun temurun ke Mas Saring lalu Mas Poeng dan Mas Budi menjadi PPS Betako Merpati Putih. Hingga kini, kedua saudara seperguruan lainnya tersebut tidak pernah diketahui keberadaan ilmunya dan masih tetap dicari hingga saat ini ditiap daerah di tanah air guna menyatukannya kembali. Pada awalnya ilmu beladiri Pencak Silat ini hanya khusus diajarkan kepada Komando Pasukan Khusus ditiap kesatuan ABRI dan Polsi serta Pasukan Pengawalan Kepresidenan (Paspampres).
Didirikan pada tanggal 2 april 1963 di yogyakarta, mempunyai kurang lebih 35 cabang dengan kolat (kelompok latihan) sebanyak 416 buah (menurut data tahun 1993) yang tersebar diseluruh nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak satu juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar diseluruh indonesia.
Sang Guru Merpati Putih adalah bapak Saring Hadi Purnomo, sedangkan pendiri dan Guru Besar sekligus pewaris ilmu adalah Poerwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas (Grat XI). PPS Betako Merpati Putih berasal dari seni bela diri keraton. Termasuk diantaranya pangeran diponegoro.
Berikut Silsilah Turunan aliran PPS Betako Merpati Putih :
1.      BPH HADI WIDJOJO                           : Grat-I
2.      PH SINGOSARI                                                 : Grat-II
3.      R AY DJOJOREDJOSO                       : Grat-III
4.      GAGAK HANDOKO                            : Grat-IV
5.      RM REKSO WIDJOJO                         : Grat-V
6.      R BONGSO DJOJO                               : Grat-VI
7.      DJO PREMONO                                    : Grat-VII
8.      RM WONGSO DJOJO                          : Grat-VIII
9.      KROMO MENGGOLO                         : Grat-IX
10.  SARING HADI PURNOMO                 : Grat-X
11.  POERWOTO HADI PURNOMO         : Grat-XI
 BUDI SANTOSO HADI PURNOMO  : Grat-XI

Amanat Sang Guru, sorang anggota Merpati Putih haruslah mengemban amanat Sang Guru yaitu :
1.      Memiliki rasa jujur dan welas asih
2.      Percaya pada diri sendiri
3.      Keserasihan dan keselarasan dalam penampilan sehari-hari
4.      Menghayati dan mengamalkan sikap itu agar menimbulkan ketaqwaan kepada Tuhan.

Hingga yahun 1998 PPS Betako Merpati Putih masih hanya untuk Warga Negara Indonesia saja. Namun karena minat dari luar negeri adalah Nate Zelenick dan Mike zeleznick sebagai orang berkulit putih pertama yang diajarkan pecak silat ini pada tahun 1999 dan menjadi Guru Merpati Putih pertama di amerika. Pada awal bulan oktober 2000 Mas Poeng dan Mas Budi meresmikan American school of Merpati Putih yang pertama berlokasi di ogden city mall, utah. MP adalah satu-satunya pencak silat yang diselidiki secara ilmiah mengenai masalah adaya tenaga dalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Motto Merpati Putih

Tujuan dan Tingkatan Dalam Merpati Putih